Facebook Like

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kasih atas limpahan rahmat dan kasih serta rasa syukur yang tiada terhingga, atas pendampingan Tuhan terhadap karya pengabdian Rumah Sakit Panti Rapih, sampai usia 86 pada Tahun 2015 ini. Tema HUT ke-85 adalah Meningkatkan Pelayanan Berfokus Pasien, Berdasarkan Nilai RAPIH. Tema ini menjadi refleksi apakah nilai-nilai kasih dan bela rasa masih mendayai karya pelayanan Rumah Sakit Panti Rapih dalam upaya mengembangkan mutu dan keselamatan pasien. Selain itu, sebagai Pelayan Kesehatan Rumah Sakit Panti Rapih, kita diajak untuk semakin meningkatkan kualitas pelayanan secara terus-menerus, mewujudnyatakan nilai-nilai RAPIH yang kita yakini dalam pelayanan kita dan selalu menjadikan pasien sebagai pusat pelayanan. Tema ini juga untuk menjawab tantangan kedepan, di era globalisasi yang kompetitif serta model Pembiayaan Pelayanan Kesehatan yang baru, berupa Ina CBGS dari BPJS Kesehatan. Saat ini Rumah Sakit Negeri serta Swasta yang ada di Yogyakarta, berlomba membangun dan memperbaiki sarana dan prasarana serta menambah fasilitas medik dan berusaha meningkatkan mutu pelayanannya. Disamping itu akan bermunculan rumah sakit baru di Yogyakarta yang profit oriented, yang sudah cukup terkenal mutu Pelayanan dan Brand-nya di Indonesia.

Dalam situasi dan kondisi eksternal yang penuh dinamika, Rumah Sakit Panti Rapih bersyukur karena tetap eksis dan berkembang. Hal ini tentu tidak lepas dari kerjasama yang baik antara gereja, suster Carolus Borromeus, Yayasan Panti Rapih, pelayan kesehatan, pemerintah, pasien, mitra kerja dan masyarakat umum. Rasa syukur lain yang kami terima di usia ke-85 tahun ini, Rumah Sakit Panti Rapih lulus re-sertifikasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 dari lembaga sertifikasi National Quality Assurance (NQA) Indonesia, penghargaan Brand dari Mark Plus, penghargaan Jogja Best Brand Index dari Harian Jogja Dan Solo Pos serta menjadi salah satu RS Swasta Tebaik di Indonesia versi Majalah Quality dan baru saja di Akreditasi model baru tanggal 18 s/d 20 September 2014. Semua ini merupakan kebanggaan bagi Rumah Sakit Panti Rapih, sekaligus juga merupakan tantangan untuk senantiasa memberikan pelayanan yang semakin bermutu dan mengutamakan keselamatan pasien.


Sebagaimana visi dan misi yang telah ditetapkan, maka RS Panti Rapih sebagai rumah sakit rujukan, terus berupaya memberikan pelayanan yang menyeluruh kepada para pasien dengan mempertahankan nilai-nilai RAPIH; Ramah, Adil, Profesional, Ikhlas dan Hormat. Disamping itu, dalam rangka memberikan kepastian kualitas pelayanan yang berfokus pada pasien (patient center care/PCC) yang merupakan perubahan paradigma baru dalam pelayanan, maka Rumah Sakit Panti Rapih tetap berkomitmen untuk menjadi rumah sakit swasta terbaik di Yogyakarta dengan memberikan pelayanan medik tercepat dan menyediakan fasilitas medik terlengkap khususnya pada pelayanan unggulan. Guna mendukung komitmen tersebut, maka Rumah Sakit Panti Rapih menetapkan 3 layananan unggulan di bidang Bedah Orthopedy, Bedah Urology dan Kesehatan Ibu Anak (KIA). Dalam upaya meningkatkan fasilitas dan mengembangkan pelayanan baru berupa one day care chemotherapy, Magnetic resonance imaging (MRI) 1,5 Tesla, CT Scan Utama64 Slice, athroscopy, one day care Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL), dan catheterization laboratory (Cath Lab) yang saat ini masih dalam tahap pembangunan,. Perkembangan pencapaian pelayanan Rumah Sakit Panti Rapih selama 5 tahun terakhir ini cukup baik, dan saat ini pencapaian Rawat Jalan mencapai 850 pasien/hari, IGD 100 s/d 110 pasien/hari, Rawat Inap dengan jumlah tempat tidur 380 BOR-nya 82% - 85%.

Pada kesempatan ini, izinkan atas nama Rumah Sakit Panti Rapih mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat dan semua pihak yang terlibat dalam memberikan dukungan dan kerjasama sehingga pelayanan ini dapat terwujud dengan baik. Harapan kami, kerjasama yang baik ini dapat ditingkatkan di masa-masa mendatang. Dirgahayu Rumah Sakit Panti Rapih yang ke-86, Rumah Sakit Panti Rapih tetap jaya dan terus melayani serta senantiasa mendapat berkat berlimpah dari Tuhan yang Maha Kasih.

dr. Teddy Janong, M.Kes
Direktur Utama RS Panti Rapih

 

Ortopedik & Traumatologi

icon

RS Panti Rapih melayani penggantian sendi lutut dan pinggul, pelurusan tulang belakang, serta peyambungan tulang.

Read more »

Urologi

icon

Unit bedah urologi melayani tembak batu ginjal dengan ESWL dan penanganan batu ginjal dengan metode PCNL.

Read more »

Kesehatan Ibu dan Anak

icon

Pelayanan yang bertujuan untuk mengoptimalkan luaran ibu dan bayi dengan pengamatan kehamilan berkelanjutan untuk mencapai “Healthy Mother and Healthy Baby”.

Read more »