Sindrom Kilomikronemia

Lemak dan minyak dari makanan diserap lewat usus utk kemudian dirakit kembali (disintesis) menjadi “lipid packets” spesial yg disebut kilomikron. Kilomikron merupakan partikel lemak yg sangat halus, terbentuk selama proses pencernaan dan asimilasi lemak, dan langsung memasuki sistem limfatik.

Trigliserid usus atau kilomikron yg mengandung sekitar 85 persen trigliserid kemudian dibawa lewat darah ke dalam hati tempat partikel lemak ini diproses (usia-paruh kilomikron yg normal adalah sekitar 10 menit).

Jika terdapat kejadian nyeri perut kanan atas yg kambuhan tapi tidak seberat nyeri pada pankreatitis akut mungkin  kita tengah mengalami  sindrom kilomikronemia.

Sindrom kilomikronemia   yg terjadi pada pasien dgn kadar trigliserid yg tidak terkontrol (di atas 500 mg/dL) pada suatu saat akan diikuti oleh pankreatitis akut. Pankreatitis akut yg kambuhan sering terjadi pada pasien dgn kadar trigliserid sangat tinggi (keadaan ini sering merupakan kelainan genetik dgn kadar TG yg bisa sampai 5000 mg/dL).

Sindrom kilomikronemia merupakan kelainan bawaan di mana metabolisme lemak yg abnormal menyebabkan penumpukan kilomikron dalam jumlah besar di dalam darah.  Keadaan ini membuat sampel darah yg didiamkan di dalam tabung reaksi bukan hanya mengandung lapisan sel darah yg mengendap dan cairan plasma berwarna kuning tetapi juga lapisan seperti susu yg merupakan kilomikron. Sindrom kilomikronemia sering tidak disadari karena keluhan pasien tidak seberat pankreatitis akut, namun jika kadar TG 1000 mg/dL atau lebih, dengan keluhan spt maag tapi nyerinya mungkin menjalar ke pinggang kanan (krn kepala pankreas terletak retroperitoneal), maka kita harus berpikir ttg kemungkinan sindrom kilomikronemia.

Yang perlu dicatat bahwa keadaan hiperkilomikronemia dapat dikelirukan dgn: Sindrom miokard akut (suatu bentuk serangan jantung jika ada keluhan sesak napas), dan kolik empedu yaitu suatu keadaan yg ditandai oleh nyeri spt kram yg berat pada perut kanan atas akibat adanya batu empedu yg masuk ke saluran utama empedu (common bile duct).

Pankreatitis akut terjadi pada hipertrigliserid berat krn terbentuknya sludge yg bisa mengganggu aliran sekret pankreas. Sludge atau lumpur empedu (yg bisa menjadi batu empedu) terbentuk utk mengalirkan keluar kolesterol akibat hipertrigliseridemia. Obat-obat penurun TG dan kolesterol spt fenofibrat, gemfibrozil dan niasin juga meningkatkan jumlah sludge yg harus dialirkan ke dalam usus 12 jari.

TERAPI DIET
Untuk mencegah pankreatitis akut pada sindrom kilomikronemia, kita harus membatasi asupan minyak dan menghindari lemak spt santan kental serta gajih. VCO merupakan pilihan minyak yg baik krn asam lemak rantai sedang (atom karbon 10-12) di dalam VCO tidak akan menjadi kilomikron.
KH sederhana spt gula dan tepung juga harus dibatasi krn dalam hati akan diubah menjadi trigliserid. Sedangkan asam lemak esensial dan MUFA (minyak zaitun) dapat dikonsumsi asalkan bersama blender sayur/buah yg kaya serat solubel atau dgn havermut/oatmeal utk menghindari keluhan sakit maag yg kambuhan pada sindrom kilomikronemia.

Dr Andry Hartono SpGK
Sumber: pengalaman pribadi dan sejumlah referensi dari situs kesehatan.

Posted in Gizi and tagged , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *