Sup Pancawarna

Ketika saya mencoba memodifikasi komposisi sup pancawarna yg disarankan oleh Dr Kazu, saya mengganti gobo/burdock yg berwarna kuning dgn walo (pumpkin yg juga kuning) termasuk bijinya. Biji walo ini mengandung selenium, salah satu mineral yg sangat penting bagi fungsi antioksidan enzimatik, yaitu glutation peroksidase atau GPx. GPx merupakan sistem pertahanan sel terakhir dalam menghadapi radikal bebas spt superoksida dan hidrogen peroksida. Kegagalan GPx yg diikuti gangguan fungsi glutation sebagai master antioksidan akan mengakibat kematian sel.

Magnesium sebenarnya banyak terdapat dalam klorofil daun dan bagian tanaman yang bewarna hijau. Magnesium bekerja dalam keseimbangan dgn kalsium. Kalsium banyak terdapat dalam makanan hewani sedangkan magnesium dalam makanan nabati. Saya memasukkan brokoli yg bukan hanya kaya akan magnesium tetapi juga mengandung sulforafan salah satu zat antikanker ke dalam komposisi sup pancawarna sebagai pengganti daun lobak.

Lobak yg putih dan daun lobak membuat kita membuang gas usus terus shg cukup mengganggu dan utk menguranginya, saya ganti daun lobak dgn brokoli yg sama-sama berwarna hijau serta kaya akan klorofil (analog hemoglobin pada manusia krn fungsi Hb sbg pembawa oksigen yg mengikat O2 dgn melepaskan CO2 lewat paru sedangkan klorofil mengubah CO2 menjadi O2 lewat daun tanaman).

Sebagai penyedap rasa yg dapat menggantikan rasa gurih dari kaldu ayam atau MSG, saya gunakan “Totole” suatu serbuk penyedap utk makanan vegetarian. Totole terbuat dari sari jamur shitake dan dapat dibeli di toko bahan pangan vegan.

Untuk melancarkan aliran darah, saya tambahkan hioko atau shitake yg bewarna hitam. Jamur hitam mengandung senyawa semacam statin (antikolesterol) dan lentinan yg selain berfungsi sbg antikoagulan juga tidak kalah efektifnya dibandingkan amantadin HCl yg merupakan obat antivirus terkenal. Jamur yg di Cina dikenal dgn nama Mo-er (jamur hitam) atau wood ear ini sebenarnya terdiri dari shitake, jamur tiram, enoki dan jamur kuping (hioko). Di Cina, jamur dikenal sebagai bahan makanan untuk mempertahankan kesehatan pada manula krn fitokimianya melancarkan darah dan mengatur keseimbangan imunitas (Referensi dari Jean Carper, the Food Pharmacy).

Demikianlah manfaat salah satu makanan berbasis nabati bagi kesehatan kita. Mudah2an bermanfaat pula bagi mereka yg mendambakan kesehatan tanpa harus terus-menerus berobat.

dr Andry Hartono

Posted in Gizi and tagged , , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *